SILABUS
SMA/MA
Mata Pelajaran :
Matematika Peminatan MIPA
Kelas :
XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Matriks dalam
sistem
persamaan
linier
Transformasi
Geometri
|
Mengamati
Membaca persamaan-persamaan linier dari
berbagai sumber.
Menanya
Membuat pertanyaan tentang cara penyelesaian sistem persamaan linier
selain menggunakan metode grafik, substitusi dan eliminasi.
Mengeksplorasikan
Mengenali bentuk matriks dalam sistem persamaan linier serta
menentukan unsur-unsur matriks yang ada dalam suatu sistem persamaan linier.
Mengasosiasikan
Menganalisis matriks dalam sistem persamaan linier dan menggunakannya
menentukan penyelesaiaan sistem
persamaan linier
Mengomunikasikan
Merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan
dengan sistem persamaan linier, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan
penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau lisan
Mengamati
Membaca jenis-jenis transformasi geometri dari berbagai sumber
Menanya
Membuat pertanyaan tentang perbedaan jenis-jenis tranformasi
geometri koordinat.
Mengeksplorasikan
Mengenali jenis-jenis transformasi
geometri koordinat: translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan
merumuskan persamaan matriks dari jenis-jenis transformasi geometri
koordinat, menentukan hasil transformasi dengan menggunakan persamaan matriks
transformasi.
· Menggambar hasil transformasi geometri koordinat
Mengomunikasikan
Merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan
dengan transformasi geometri koordinat, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan
penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau gambar.
|
Tugas
· membaca mengenai pengertian matriks dalam sistem persamaan linier dan
transformasi geometri
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan penyelesaian sistem
persamaan linier dengan metode matriks, jenis-jenis transformasi
geometri, komposisi beberapa transformasi.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.1 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep
matriks dalam sistem persamaan linear dan
transformasi dalam
geometri koordinat serta menerapkannya
dalam memecahkan masalah nyata yang
berkaitan.
|
|||||
4.1 Merencanakan dan melaksanakan strategi yang
efektif
dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat
matriks
dalam memecahkan masalah
nyata
terkait sistem persamaan linier
dan transformasi
geometri,
serta menginterpretasikan
menganalisis makna hasil
pemecahan masalah.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Vektor
|
Mengamati
Membaca, mengamati skalar dan vector dari berbagai sumber.
Menanya
Dibawah bimbingan guru, menanyakan perbedaan besaran skalar dan
vektor.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsur-unsur besaran skalar dan
vektor, vektor satuan, sifat sifat operasi aljabar vektor, sudut antara dua
vektor, panjang proyeksi dan proyeksi vektor suatu vektor pada vektor lainnya,
serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan skalar dan
vektor.
Mengasosiasikan
Menggambar operasi penjumlahan atau pengurangan beberapa vektor dan
operasi perkalian skalar vektor.
|
Tugas
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan skalar dan vektor
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.2 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep skalar
dan vektor dan menggunakannya untuk membuktikan berbagai
sifat terkait jarak dan sudut
serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
|||||
4.2 Memecahkan masalah dengan
menggunakan kaidah-kaidah vektor.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten,bertanggungjawab, tangguh,
konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Bunga majemuk,
Angsuran,
Anuitas
.
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber untuk mencari informasi tentang bunga
majemuk, angsuran dan anuitas.
Menanya
Berdiskusi membuat pertanyaan tentang masalh keuangan seperti bunga
majemuk, angsuran dan anuitas.
Mengeksplorasikan
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam masalah
keuangan.
Mengasosiasikan
Menganalisis prinsp matematika keuangan dan menentukan hubungan bunga, angsuran dan anuitas.
Mengomunikasikan
Menyajikan data keuangan dan menjelaskan konsep bunga, angsuran dan anuitas.
|
Tugas
Mencari permasalahan keuangan sehari-hari
yang berhubungan dengan bunga dan angsuran (misalnya kredit kendaran atau
barang)
Observasi
Mengidentifikasi bunga, angsuran atau
anuitas dari suatu masalah keuangan
Portofolio
Rangkuman permasalahan keuangan sehari-hari
dan identifikasi unsur bunga, angsuran dan anuitas
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian
|
3 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.3 Menganalisis konsep
dan prinsip matematika keuangan
terkait bunga majemuk,
angsuran, dan anuitas
serta menerapkannya dalam memecahkan masalah
keuangan.
|
|||||
4.3 Menyajikan data
keuangan dan
menganalisis konsep dan prinsip matematika terkait angsuran dan
anuitas dan melakukan prediksi
pemecahan
masalah perbankan.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Komposisi
transformasi
geometri
|
Mengamati
Mengamati komposisi
transformasi geometri koordinat dari berbagai sumber
Menanya
Membuat pertanyaan tentang komposisi tranformasi geometri koordinat.
Mengeksplorasikan
Menganalisis dan merumuskan aturan komposisi beberapa transformasi
geometri koordinat, menentukan hasil komposis beberapa transformasi.
Mengasosiasikan
Menggambar hasil komposisi beberapa transformasi geometri koordinat.
Mengomunikasikan
Membuat model, merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata
yang berkaitan dengan komposisi
transformasi geometri koordinat, menentukan penyelesaiannya dan
menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan, gambar atau lisan.
|
Tugas
· membaca mengenai pengertian komposisi transformasi geometri koordinat dari
berbagai sumber.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan komposisi transformasi.geometri
koordinat.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.4
Menerapkan
konsep dan aturan komposisi transformasi geometri
koordinat dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual.
|
|||||
4.4 Memecahkan masalah dengan
menggunakan konsep dan
aturan komposisi beberapa transformasi
geometri
koordinat.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten,bertanggungjawab, tangguh,
konsisten dan jujurdalam memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Dimensi
Tiga
|
Mengamati
· Membaca dan meningat
kembali konsep jarak dan sudut pada ruang dimensi tiga.
· Mencari informasi teknik
membuat irisan dua bidang
Menanya
Melalui diskusi kelompok membuat pertanyaan tentang jarak dan sudut
antara garis/bidang, bidang/bidang.
Mengeksplorasikan
· Menentukan jarak dan
sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
· Menentukan cara paling
mudah membuat irisan dua bidang
Mengasosiasikan
Menyimpulkan konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
Mengomunikasikan
· Menjelaskan cara
menghitung konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
· Menjelaskan secara
sederhana proses membuat irisan dua bidang.
|
Tugas
Menggambar beberapa bangun ruang
Observasi
· Menyelidiki atau
menentukan beberapa jarak atau sudut yang dibentuk atas unsur dalam bangun
ruang
· Membuat irisan antara dua
bidang pda gambar ruang dimensi tiga.
Portofolio
· Merangkum gambar bangun
ruang yang sudah ditentukan beberapa jarak dan sudut yang dapat ditemukan
pada gambar.
· Membuat irisan dua bidang
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.5 Mendeskripsikan
konsep jarak dan
sudut antar garis/bidang, bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun
ruang dimensi tiga
melalui demonstrasi menggunakan
alat peraga atau media lainnya,
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||
4.5 Menyajikan konsep jarak, sudut antar garis/bidang,
bidang/bidang,
dan irisan dua bidang dalam pemecahan masalah bangun ruang
dimensi tiga
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri dari berbagai sumber
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisihkosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri, dan penerapannya
pada masalah nyata
Mengeksplorasikan
Menemukan rumus
rumus penjumlahan
sinus, selisih sinus, penjumlahan kosinus, identitas selisih kosinus dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
Menggunakan identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri serta menyajikannya dengan tulisan.
Mengomunikasikan
Menjelaskan tentang pengubahan dan pembuktian sinus dan kosinus.
|
Tugas
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
5 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.6
Mendeskripsikan identitas
penjumlahan sinus, identitas
selisih sinus, identitas
penjumlahan kosinus, identitas
selisih dan menerapkannya
dalam pemecahan
masalah.
|
|||||
4.6 Menyajikan dan menganalisis identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih untuk
pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral Tentu
|
Mengamati
Membaca untuk memahami dan mengingat kembali konsep integral tentu.
Menanya
· Mendiskusikan konsep luas
dan volume benda putar.
· Membuat pertanyaan
tentang luas dan volume benda putar
· Membuat pertanyaan
tentang panjang kurva
Mengeksplorasikan
· Menenrtukan daerah di bawah
kurva atau hasil benda putar
· Menentukan interval dari
derah di bawah kurva dan derah hasil benda putar
· Menentukan intergral
tertentu dalam menghitung panjang kurva
Mengasosiasikan
Menganalisis konsep dan aturan integral tentu untuk suatu interval
Mengomunikasikan
Menjelaskan langkah menghitung luas derah di bawah kurva dan volume
benda putar serta panjang kurva menggunakan aturan integral tentu.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
· Menentukan derah yang
dibatasi oleh kurva
· Menentukan benda putar
yang terbentuk
· Menentukan panjang kurva
Portofolio
Merangkum gambar beberapa grafik,
menentukan derah di bawah kurva, atau benda putar yang terbentuk kemudian
dengan menggunakan konsep integral tentu menghitung luas di bawah kurva dan
volume bend putar.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x
4 jam belajar
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar.
3.8 Menganalisis grafik fungsi aljabar dan
trigonometri dan menerapkan
konsep dan aturan
integral
tentu
untuk menentukan panjang kurva pada interval
tertentu.
|
|||||
4.7 Memecahkan masalah nyata dengan
menerapkanberbagai konsep dan aturan integral tentu terkait luas daerah,
volume benda putar dan panjang kurva dengan mengolah data, memilih
variabel,menginterpretasi masalah dalam gambar dan membuat model masalah
serta menyelesaikannya
|
|||||
2.3
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.4 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral
Parsial
|
Mengamati
· Membaca untuk memahami
dan mengingat kembali konsep integral
· Menggambar grafik fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri
Menanya
· Mendiskusikan integral
fungsi aljabar dan trigonometri
· Membuat pertanyaan integral
parsial.
Mengeksplorasikan
· Menentukan integral
fungsi aljabar
· Menentukan integral
fungsi trigonometri
Mengasosiasikan
Menganalisis konsep dan aturan integral parsial.
Mengomunikasikan
Menjelaskan langkah menentukan integral parsial terhadap berbagai
bentuk fungsi aljabar dan trigonometri.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
· Menentukan integral
fungsi aljabar
· Menentukan integral
fungsi trigonometri
Portofolio,
Merangkum gambar beberapa grafik, menentukan integral fungsi aljabar
dan trigonometri
Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
|
5 x
4 jam belajar
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.9 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan
aturan untuk melakukan
integral parsial terhadap
berbagai bentuk
fungsi
aljabar dan Trigonometri
|
|||||
4.8 Memecahkan masalah nyata
dengan menerapkan konsep dan aturan untuk melakukan intergral partial terhadap
berbagai bentuk fungsi aljabar dan trigonometri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar