SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan MIPA
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Fungsi
Eksponensial dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan
penerapannya
pada masalah nyata
dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan grafik/diagram.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial
dan fungsi logaritma, dan
penerapannya
pada masalah nyata minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
9 x 3 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.1. Mendeskripsikan
dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
3.2. Menganalisis data sifat-
sifat grafik fungsi
eksponensial dan logaritma
dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||||
4.1. Menyajikan
grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam
memecahkan masalah
nyata terkait pertumbuhan
dan peluruhan.
4.2. Mengolah data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata
serta
menyelesaikannya.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Sisten Persamaan
Linier dan Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata minimal
dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian,
metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian
SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.3 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
sistem persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
(SPLKDV) dan memilih metode yang efektif
untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya
3.4 Menganalisis nilai diskriminan persamaan linier dan
kuadrat dua variabel
dan menerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaian sistem
persamaan yang
diberikan.
|
|||||||
4.3 Memecahkan
dan menyajikan hasil pemecahan masalah
nyata sebagai
terapan konsep dan aturan penyelesaian
sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel.
4.4 Mengolah
dan menganalisis informasi dari suatu
permasalahan
nyata dengan memilih
variabel dan membuat model matematika berupa
sistem persamaan
linier dan kuadrat
dua variabel dan mengiterpretasikan
hasil penyelesaian
sistem tersebut.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk
dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial
dan alam
2.3
Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Sistem Pertidaksamaan
Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya
pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian, metode penyelesaian, kurva
SPtdKDV, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai
pengertian, metode penyelesaian, kurva
SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah
nyata dengan lisan, tulisan, dan grafik/ diagram.
|
Tugas
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata minimal
dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian,
kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.5 Mendeskripsikan
konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel (SPtdKDV) dan menerapkannya untuk menentukan
himpunan penyelesaiannya..
3.6 Menganalisis kurva pertidaksamaan
kuadrat dua variabel
pada sistem yang diberikan
dan mengarsir daerah
sebagai himpunan
penyelesaiaanya.
|
|||||||
4.5 Memecahkan masalah dengan membuat
model matematika berupa
sistem pertidaksamaan kuadrat
dua variabel serta
menyajikan
pemecahannya dengan berbagai
cara.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku
peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap
berbagai perbedaan
di dalam masyarakat .
|
Pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan
irrasional
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan
dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya
pada masalah nyata minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian,
metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan
dan nilai mutlak
dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak.
3.8 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan
pecahan, irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan
masalah matematika.
3.9 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep
dan sifat-sifat pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak
dengan melakukan manipulasi aljabar dalam
menyelesaikan
masalah
matematika.
3.10 Menganalisis daerah penyelesaian
pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak.
|
|||||||
4.6 Memecahkan masalah pertidaksamaan
pecahan,irrasional dan mutlak dalam
penyelesaian masalah nyata.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari
pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
alam
2.3
Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Geometri Bidang Datar
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya
pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat –sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian
titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat-sifat pada
titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang
dan sifat –sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
|
8 x 3
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
-
|
||
3.11 Mendekripsikan konsep dan aturan pada bidang
datar serta menerapkannya dalam
pembuktian sifat-sifat
(simetris, sudut, dalil titik
tengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis,
dll) dalam geometri bidang.
|
|||||||
4.7 Menyajikan
data terkait objek nyata dan mengajukan
masalah serta mengidentifikasi sifat-sifat
(kesimetrian,
sudut, dalil titik tengah
segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis,
dll) geometri
bidang datar yang bermanfaat
dalam pemecahan
masalah nyata tersebut.
|
|||||||
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal,
sikap kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi
dengan lingkungan sosial dan alam
2.3 Berperilaku peduli , bersikap terbuka dan
toleransi terhadap berbagai
perbedaan di dalam masyarakat .
|
Persamaan Trigonometri
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya
pada masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas X
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
||
3.12 Mendeskripsikan konsep persamaan Trigonometri
dan menganalisis
untuk membuktikan sifat-sifat
persamaan Trigonometri
sederhana dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
|||||||
4.8 Mengolah
dan menganalisis informasi dari suatu
permasalahan
nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan
Trigonometri
serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
4.9 Merencanakan dan melaksanakan strategi dengan
melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan Trigonometri
untuk membuktikan kebenaran
identitas Trigonometri serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah kontekstual.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar