SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan MIPA
Kelas : XI
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan pro-aktif dan menunjukkan
sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
polinomial
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber
belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada teknik penyelesaian operasi
aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada teknik penyelesaian operasi aljabar
pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai teknik penyelesaian operasi
aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan teknik penyelesaian operasi aljabar
pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
mengenai penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema
sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
5 x
4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep dan menganalisis
sifat operasi aljabar
pada polinomial
dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah
matematika.
3.2 Mendeskripsikan
aturan perkalian
dan pembagian polinomial
dan menerapkan
teorema sisa dan
dan pemfaktoran
polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika
|
||||||
4.1 Memecahan masalah
nyata menggunakan konsep teorema sisa dan faktorisasi dalam polinomial.
4.2 Memecahkan masalah nyata dengan model persamaan kubik dengan menerapkan aturan dan
sifat pada polinomial.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Irisan
Kerucut
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik
fokus, persamaan parabola, ellips, dan
hiperbola, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan
titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan
hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan
parabola, ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata dengan
lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik
fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata minimal
dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan
parabola, ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengetian dan
sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.3 Menganalisis konsep
sifat- sifat irisan
kerucut (parabola,
hiperbola, dan ellips)
dan menerapkannya dalam pembuktian dan
menyelesaikan
masalah matematika
3.4 Mendeskripsikan hubungan garis
direktis, titik fokus
dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
3.5 Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips
untuk menggambar kurva
dan mengidentifikasi sifat-sifatnya.
|
||||||
4.3 Mengolah data
dan menganalisis model matematika dengan
melakukan manipulasi aljabar untuk
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
parabola atau
hiperbola atau ellips.
4.4 Menyajikan objek-objek
nyata sebagai
gambaran model parabola,
hiperbola, dan ellips dan merancang masalah
serta menyelesaikannya dengan menerapkan
konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah
dibuktikan kebenaranya.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Irisan Dua Lingkaran
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua
lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah dari berbagai sumber
belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengetian lingkaran, gambar
dan sifat-sifat irisan dua lingkaran,
dan penerapannya pada pemecahan masalah.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua
lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah.
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian pengetian lingkaran,
gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah.
|
4 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.6 Mendeskripsikan
konsep lingkaran dan
menganalisis sifat-sifat
irisan dua lingkaran
dan menerapkannya dalam
memecahkan masalah.
|
||||||
4.5
Merencanakan dan
melaksanakan strategi yang
efektif
dalam memecahkan masalah
nyata dengan model lingkaran yang saling beririsan,
menginterpretasi masalah
dalam gambar dan menyelesaikannya.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Sampel dan Fungsi distribusi
|
Mengamati
Mencermati hal-hal yang berkaitan dengan penarikan
sampel, variabel acak dari buku, alat peraga ataupun penjelasan guru.
Menanya
· Guru memancing pertanyaan
yang berkaitan dengan penarikan sampel dan variabel acak.
· Berdasarkan observasi dan
pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal yang belum
dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan penarikan sampel dan variabel acak.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan
cara penarikan sampel secara acak dan kegunaannya
· Mencoba
mempraktekan penarikan sampel dari suatu populasi
· Mendiskusikan
definisi variabel acak dan melakukan percobaan.
· Melakukan
percobaan distribusi binomial
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan
menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penarikan
sampel dan variabel acak .
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan/percobaan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal
yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan penarikan
sampel dan kegunaan penarikan sampel
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan penarikan sampel dan kegunaan penarikan sampel .
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan penarikan sampel kegunaan penarikan sampel .
Portofolio
·
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
·
Laporan hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
4 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.7 Menganalisis penarikan
sampel acak dari suatu
populasi sekumpulan objek atau kejadian
sehari-hari.
3.9 Mendeskripsikan konsep variabel acak,
dan
menganalisis untuk merumuskan fungsi distribusi
binomial melalui
percobaan acak.
|
||||||
1.6
Menyajikan dan
menggunakan
rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir
suatu kejadian yang
akan muncul berkaitan
dengan percobaan
acak.
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Penarikan kesimpulan
|
Mengamati
Mencermati hal-hal yang berkaitan dengan penarikan
kesimpulan dari buku, alat peraga ataupun penjelasan guru.
Menanya
· Menanya tentang hal
hal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
· Berdasarkan observasi dan
pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal yang belum
dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan penarikan
kesimpulan.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan
tahapan-tahapan dan kriteria-kriteria dalam uji hipotesis.
· Melakukan
percobaan uji hipotesis dan mendiskusikan untuk menarik kesimpulan
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan
menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen dan
penarikan kesimpulan.
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan/percobaan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal
yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan penarikan
sampel, kegunaan penarikan sampel dan penarikan kesimpulan
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan sampel dan
penarikan kesimpulan
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan sampel dan
penarikan kesimpulan
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan hasil analisis
dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
4 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.8 Mengevaluasi penarikan kesimpulan melalui
uji hipotesis dengan
kriteria tertentu.
|
||||||
4.7 Menyajikan proses dan hasil penarikan kesimpulan dari
uji hipotesis dengan
argumentasi
dan prosedur penarikan
kesimpulan yang valid.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan kemampuan
berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Limit Fungsi
|
Mengamati
· Mencermati
rumus-rumus dasar limit trigonometri baik dari buku, penjelasan guru ataupun
sumber lain.
· Mencermati
limit fungsi aljabar menuju ketidakhinggaan baik dari buku, penjelasan guru
ataupun sumber lain.
Menanya
· Menamya yang berkaitan dengan konsep
turunan kaitannya dengan limit
· Menanya tentang limit menuju tak hingga.
· Menanyakan dan
mendiskusikan hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai
hal berkaitan dengan konsep limit trigonometri dan limit
menuju tak hingga
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan limit trginonometri dengan manipulasi aljabar, dengan mengingat kembali
identitas trigonometri
· Mendiskusikan konsep limit trigonometri dengan manipulasi aljabar,
dengan mengingat kembali identitas trigonometri
· Mendiskusikan
limit aljabar menuju ketakhinggaan
· Bereksperimen
menentukan limit fungsi trigonometri dengan mengingat kembali identitas
trigonometri
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan
menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit
aljabar menuju tak hingga
· Menganalisis dan
menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit dan limit trigonometri
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal
yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang
lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan limit
menuju tak hingga dan limit trigonometri
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan limit menuju tak hingga dan limit
trigonometri
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan limit menuju tak hingga dan limit trigonometri
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan hasil analisis
dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
4 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.10Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan
sifat-sifat limit fungsi trigonometri
dan nilai limit
fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan
meng-gunakan dalam pemecah-an berbagai masalah.
|
||||||
4.8 Menyajikan dan mengilustrasikan konsep limit
dalam konteks nyata.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis,
jujur serta responsif dalam memecahkan
masalah matematika,
bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Turunan fungsi trigonometri
|
Mengamati
· Mencermati
konsep turunan trigonometri kaitannya dengan limit baik dari buku, penjelasan
guru ataupun sumber lain.
· Mencermati
konsep turunan fungsi trigonometri kaitannya dengan limit.
Menanya
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan konsep turunan kaitannya
dengan limit
· Berdasarkan observasi dan
pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal yang belum
dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan turunan
trigonometri
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan limit trginonomteri dengan manipulasi aljabar, dengan mengingat kembali
identitas trigonometri
· Mendiskusikan turunan trigonometri dan sifat-sifatnya.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis dan menyimpulkan
hasil observasi dan eksperimen tentang limit, turunan
trigonometri
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal yang
kurang jelas dan mengidentifikasi apabila
ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan
trigonometri
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan turunan trigonometri
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan urunan trigonometri
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan hasil analisis
dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
4 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.11 Mendeskripsikan konsep turunan fungsi trigonometri
untuk menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
||||||
4.9 Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dan
menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi trigonometri.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Turunan fungsi trigonometri
|
Mengamati
· Mencermati
konsep penggunaan turunan trigonometri untuk fungsi naik dan turun.
· Mencermati
penggunaan turunan untuk menentukan titik stasioner
Menanya
· Menanya tentang penentuan titik maksimum, minimum dan perpotongan dengan sumbu
x.
· Mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal berkaitan
dengan fungsi naik dan turun, menentukan titik stasioner dan perpotongan
dengan sumbu x.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan konsep fungsi naik dan fungsi turun.
· Mendiskusikan
metode untuk menentukan titik-titik stasioner.
· Bereksperimen
menggambar suatu fungsi dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik yang
dibutuhkan
· Bereksperimen
menerapkan penggunaaan turunan untuk aplikasi masalah kontekstual.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis dan menyimpulkan
hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan turunan
untuk menentukan fungsi naik dan fungsi turun, menggambar suatu fungsi, nilai
maksimum dan minimum suatu fungsi.
· Menganalisis dan
menyimpulkan penggunaan turunan untuk menyelesaikan masalah
kontekstual.
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal
yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang
lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan
dan penggunaannya
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan hasil analisis
dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
7 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.12 Menganalisis konsep
dan sifat turunan fungsi trigonometri dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum,
titik
minimum dan titik belok).
|
||||||
4.10 Menyajikan, dan
memecahkan masalah nyata
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Aplikasi Turunan Fungsi
|
Mengamati
· Mencermati
konsep penggunaan turunan trigonometri untuk menentukan garis singgung.
· Mencermati
penggunaan turunan untuk menentukan nilai maksimum dan minimum suatu fungsi
Menanya
· Menanya penggunaan turunan untuk
menentukan garis singgung kurva.
· Berdasarkan observasi, menanyakan dan
mendiskusikan hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai
hal berkaitan dengan persamaan garis singgung.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan penggunaan turunan untuk menentukan persamaan garis singgung
· Bereksperimen
menerapkan penggunaaan turunan untuk aplikasi masalah kontekstual.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis dan
menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan
turunan untuk menentukan garis singgung.
· Menganalisis dan
menyimpulkan penggunaan turunan untuk menyelesaikan masalah
kontekstual.
· Menyimpulkan hasil
analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis
tentang apa yang telah dipelajari
· Merespon dalam hal-hal
yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang
lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan
dan penggunaannya
· Mengerjakan latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Menyusun laporan yang
berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
Portofolio
· Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan hasil analisis
dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
7 x
4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.13 Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi
dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi
dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
||||||
4.11 Menyajikan data
dari
situasi nyata,
memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk
model matematika berupa
persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan
sifat turunan fungsi dan
garis singgung kurva dalam
menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar.
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar