Silabus Matematika
satuan pendidikan : SMP
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarangsesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
4.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Bilangan Berpangkat
dan Bentuk Akar
·
Bilangan
berpangkat bilangan bulat
(bilangan
berpangkat bulat
positif, sifat-sifat operasi
bilangan berpangkat, sifat perpangkatan bilangan berpangkat)
·
Bilangan
berpangkat bulat negatif dan nol
(bilangan
berpangkat bulat
negatif, bilangan berpangkat nol
· Bentuk akar
· Merasionalkan bentuk akar
|
·
Mengamati
penggunaan bilangan tentang bilangan yang disajikan
dalam bentuk berpangkat bulat, bentuk akar dan pangkat pecahan, operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari
·
Mencermati
sifat-sifat operasi yang
melibatkan bilangan berpangkat
bulat atau pecahan
·
Menyajikan
hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
3.2 Menjelaskan persamaan
kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
Persamaan Kuadrat
·
Persamaan kuadrat
·
Pemfaktoran
persamaan kuadrat
·
Akar
persamaan kuadrat
·
Penyelesaian
persamaan kuadrat
·
Pemecahan
masalah yang melibatkan persamaan kuadrat
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
·
Mencermati
faktor-faktor bentuk
aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan
kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat
·
Mencermati
karakteristik persamaan kuadrat
berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
·
Mengumpulkan
informasi tentang hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·
Menyajikan
hasil pembelajaran persamaan kuadrat
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
3.3
Menjelaskan
fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
3.4
Menjelaskan
hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
Fungsi Kuadrat
·
Fungsi
kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
·
Sifat-sifat
fungsi kuadrat
·
Nilai maksimum
·
Nilai minimum
·
Pemecahan masalah
|
·
Mengamati
model atau permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
·
Mencermati
fungsi kuadrat yang
disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan
·
Mencermati
cara menggambar sketsa grafik
fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka
|
4.3
Menyajikan
fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
4.4
Menyajikan
dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan
menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
|
melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
|
ke atas, ke bawah, ke kanan, atau
ke kiri)
·
Menganalisis
keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik fungsi kuadrat, dan persamaan kuadrat
·
Menganalisis
bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong
sumbu koordinat Kartesius di
dua titik berbeda, menyinggung sumbu
koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
·
Mencermati
cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
·
Menganalisis
bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
3.5 Menjelaskan transformasi
geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
Transformasi
· Translasi
· Refleksi
· Rotasi (Perputaran)
· Dilatasi
|
·
Mengamati
demontrasi tentang refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi
·
Mencermati
masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·
Melakukan
percobaan untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan transformasi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antar
bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kesebangunan
dan kekongruenan antar bangun datar
|
Kesebangunan dan
Kekongruenan
·
Kesebangunan
dua bangun datar
·
Segitiga-segitiga
sebangun
·
Segitiga-segitiga kongruen
·
Pemecahan
masalah yang melibatkan kesebangunan
dan kekongruenan
|
·
Mencermati
benda di sekitar yang berkaitan
dengan kesebangunan dan kekongruenan bangun datar
·
Mencermati
ukuran sisi dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen
·
Mencermati
perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau
konguren
·
Menganalisis
hubungan antara luas bangun dengan panjang sisi antara bangun yang sebangun atau kongruen
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
|
3.7 Menurunkan rumus untuk
menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
4.7 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta
|
Bangun
Ruang Sisi Lengkung
§
Tabung
§
Kerucut
§ Bola
§
Luas
Permukaan: tabung, kerucut, dan bola
§
Volume:
tabung, kerucut
dan bola
§
Pemecahan
masalah yang
|
·
Mencermati
model atau benda di sekitar
yang berkaitan dengan
bangun ruang sisi lengkung
·
Mencermati
unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata
·
Mencermati
bentuk dan ukuran sisi jaring- jaring
tabung, kerucut, dan bola
· Melakukan percobaan untuk menemukan
|
gabungan beberapa bangun
ruang sisi lengkung
|
melibatkan bangun ruang sisi lengkung
|
rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar