Selasa, 17 Desember 2019



Silabus Matematika 



satuan pendidika: SMP
Kelas                          : IX 
Kompetensi Inti         :

KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarangsesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1     Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya

4.1     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
·    Bilangan berpangkat bilangan bulat
(bilangan berpangkat bulat
positif, sifat-sifat operasi bilangan berpangkat, sifat perpangkatan bilangan berpangkat)
·    Bilangan berpangkat bulat negatif dan nol
(bilangan berpangkat bulat
negatif, bilangan berpangkat nol
·    Bentuk akar
·    Merasionalkan bentuk akar
·      Mengamati penggunaan bilangan tentang bilangan yang disajikan dalam bentuk berpangkat bulat, bentuk akar dan pangkat pecahan, operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari
·      Mencermati sifat-sifat operasi yang melibatkan bilangan berpangkat bulat atau pecahan
·      Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
3.2     Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
Persamaan Kuadrat
·          Persamaan kuadrat
·          Pemfaktoran persamaan kuadrat
·          Akar persamaan kuadrat
·          Penyelesaian persamaan kuadrat
·          Pemecahan masalah yang melibatkan persamaan kuadrat
·      Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
·      Mencermati faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat
·      Mencermati karakteristik persamaan kuadrat berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
·      Mengumpulkan informasi tentang hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·      Menyajikan hasil pembelajaran persamaan kuadrat
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
3.3           Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik

3.4            Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
Fungsi Kuadrat
·      Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
·      Sifat-sifat fungsi kuadrat
·      Nilai maksimum
·      Nilai minimum
·      Pemecahan masalah
·      Mengamati model atau permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
·      Mencermati fungsi kuadrat yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan
·      Mencermati cara menggambar sketsa grafik
fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka


4.3           Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik

4.4           Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
·      Menganalisis keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik fungsi kuadrat, dan persamaan kuadrat
·      Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
·      Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
·      Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
3.5     Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.5     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
Transformasi
·      Translasi
·      Refleksi
·      Rotasi (Perputaran)
·      Dilatasi
·      Mengamati demontrasi tentang refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi
·      Mencermati masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·      Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi
3.6     Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Kesebangunan dan
Kekongruenan
·      Kesebangunan dua bangun datar
·      Segitiga-segitiga sebangun
·      Segitiga-segitiga kongruen
·      Pemecahan masalah yang melibatkan kesebangunan dan kekongruenan
·      Mencermati benda di sekitar yang berkaitan
dengan kesebangunan dan kekongruenan bangun datar
·      Mencermati ukuran sisi dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen
·      Mencermati perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren
·      Menganalisis hubungan antara luas bangun dengan panjang sisi antara bangun yang sebangun atau kongruen
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan
3.7     Menurunkan rumus untuk
menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)

4.7     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta
Bangun Ruang Sisi Lengkung
§      Tabung
§      Kerucut
§      Bola
§      Luas Permukaan: tabung, kerucut, dan bola
§      Volume: tabung, kerucut
dan bola
§      Pemecahan masalah yang
·       Mencermati model atau benda di sekitar
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung
·       Mencermati unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video atau benda nyata
·      Mencermati bentuk dan ukuran sisi jaring- jaring tabung, kerucut, dan bola
·      Melakukan percobaan untuk menemukan


gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
melibatkan bangun ruang sisi lengkung
rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar