satuan pendidikan : SMP
Kelas : VIII Kompetensi Inti :
KI 1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI3 :Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarangsesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Alokasi
waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menentukan pola
pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
4.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pola
pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
Pola Bilangan
·
Pola bilangan
·
Pola
konfigurasi objek
|
·
Mencermati
konteks yang terkait pola bilangan. Misal: penataan nomor alamat rumah, penataan
nomor ruangan, penataan nomor kursi, dan lain-lain.
·
Mencermati
konfigurasi objek yang berkaitan dengan pola bilangan.
Misal: konfigurasi lingkaran atau batang korek api berbentuk pola segitiga atau
segi empat.
·
Mencermati
keterkaitan antar suku-suku
pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
·
Melakukan
eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang pola bilangan
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
|
3.2 Menjelaskan kedudukan
titik
dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
4.2 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
Bidang Kartesius
· Bidang Kartesius
·
Koordinat
suatu titik pada koordinat Kartesius
·
Posisi
titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius
|
·
Mencermati
letak suatu tempat atau benda
pada denah. Misal: denah sekolah, denah rumah sakit, denah kota
·
Mengumpulkan
informasi tentang kedudukan titik terhadap titik asal (0, 0) dan selain titik asal pada bidang koordinat Kartesius
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·
Menyelesaikan
masalah tentang bidang koordinat Kartesius
|
3.3 Mendeskripsikan dan
manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
4.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan relasi dan
fungsi denganmenggunakan berbagairepresentasi
|
Relasi dan Fungsi
·
Relasi
·
Fungsi
atau pemetaan
·
Ciri-ciri
relasi dan fungsi
·
Rumus fungsi
·
Grafik fungsi
|
·
Mencermati
peragaan atau kegiatas
sehari- hari yang berkaitan
dengan relasi dan fungsi.
·
Mencermati
beberapa relasi yang
terjadi diantara dua himpunan
·
Mencermati
macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya
·
Mengumpulkan
informasi tentang nilai
fungsi dan grafik fungsi pada koordinat Kartesius
·
Menyajikan
hasil pembelajaran relasi dan fungsi
|
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear
sebagai persamaan garis lurus
|
Persamaan Garis Lurus
·
Kemiringan
·
Persamaan
garis lurus
·
Titik
potong garis
·
Kedudukan
dua garis
|
·
Mencermati
permasalahan di sekitar yang berkaitan dengan kemiringan, persamaan garis lurus, dan kedudukan garis
· Mencermati cara menentukan kemiringan
garis
·
Mencermati
cara menentukan persamaan garis yang diketahui satu titik dan kemiringan, atau dua titik
·
Mencermati
hubungan antar garis yang
saling berpotongan dan sejajar serta cara menentukan persamaannya
·
Mencermati
cara menentukan titik potong garis dengan garis, termasuk terhadap sumbu x, atau sumbu y dalam koordinat Kartesius
·
Menyajikan
hasil pembelajaran persamaan garis lurus
|
·
Menyelesaikan
masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus
|
||
3.5 Menjelaskan sistem persamaan
linear dua variabel dan penyelesaiannya yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
Persamaan Linear Dua
Variabel
·
Penyelesaian
persamaan linear dua variabel
·
Model
dan sistem persamaan linear dua variabel
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
·
Mengumpulkan
informasi tentang hal-hal
yang berkaitan dengan
hubungan antara persamaan linear dua variabel
dan persamaan garis lurus
·
Mencermati
cara membuat model
matematika dari permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikannya
·
Mengumpulkan
informasi tentang ciri-ciri
sistem persamaan linear dua variabel yang memiliki satu penyelesaian, banyak
penyelesaian, atau tidak memiliki penyelesaian
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan persamaan linear dua variabel, dan sistem persamaan
persamaan linear dua variabel
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan persamaan linear dua variabel dan sistem
persamaan linear dua variabel
|
3.6 Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
4.6 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
Teorema Pythagoras
·
Hubungan
antar panjang sisi pada segitiga siku-siku
·
Pemecahan
masalah yang melibatkan teorema Pythagoras
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras. Misal: bentuk rangka atap, tangga, tali penguat tiang menara.
·
Melakukan
percobaan untuk membuktikan kebenaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
·
Menyajikan
hasil pembelajaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan penerapan terorema Pythagoras tripel Pythagoras
|
3.7
Menurunkan
rumus untuk menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
3.8
Menjelaskan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
3.9
Menjelaskan
garis singgung persekutuan
luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
4.7
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran
4.8
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan sudut pusat,
|
Lingkaran
·
Lingkaran
·
Unsur-unsur lingkaran
·
Hubungan
sudut pusat dengan sudut keliling
·
Panjang busur
·
Luas juring
·
Garis
singgung persekutuan dalam dua lingkaran
·
Garis
singgung persekutuan luar dua lingkaran
|
·
Mencermati
peragaan atau pemodelan
yang berkaitan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran
·
Mencermati
masalah atau bentuk
benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran
·
Melakukan
percobaan untuk menemukan
rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung persekutuan
(dalam dan luar) antara dua lingkaran
·
Mencermati
cara melukis garis singgung
lingkaran dan garis singgung persekutuan antara dua lingkaran
menggunakan jangka dan penggaris
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang lingkaran dan garis singgung lingkaran
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung lingkaran
|
sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.9 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan
dalamdua lingkaran
|
||
3.10 Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
3.11 Menjelaskan hubungan antara diagonal
ruang, diagonal bidang, dan
bidang diagonal dalam
bangun ruang sisi datar
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datarmenggunakan hubungan diagonal ruang, diagonal bidang,
dan bidang diagonal
|
Bangun Ruang Sisi Datar
·
Kubus,
balok, prisma, dan limas
·
Jaring-jaring:
Kubus, balok, prisma, dan
limas
·
Luas
permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas
·
Volume:
kubus, balok, prisma, dan limas
·
Menaksir
volume bangun ruang tak beraturan
|
·
Mencermati
model atau benda di sekitar yang merepresentasikan bangun ruang sisi datar
·
Melakukan
percobaan untuk menemukan
jari- jari bangun ruang sisi datar
·
Melakukan
percobaan untuk menemukan
rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
|
3.12 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus,
dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.12 Menyajikan dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata,
median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
Statistika:
·
Rata-rata,
median, dan modus
·
Mengambil
keputusan berdasarkan analisis data
·
Membuat
prediksi berdasarkan analisis data
|
·
Mencermati
penyajian data dari
berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
·
Mencermati
cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data
·
Menganalisis
data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data
·
Mencermati
cara mengambil keputusan dan membuat
prediksi bersarkan analisis dan data
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan
dan membuat prediksi
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
|
3.13 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
4.13 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan
|
Peluang
· Titik sampel
· Ruang sampel
· Kejadian
· Peluang empirik
· Peluang teoretik
·
Hubungan
antara peluang empirik dengan peluang teoretik
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik
·
Mencermati
ruang sampel dari peluang
teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada
suatu ruang sampel
·
Melakukan
percobaan untuk menemukan
hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·
Menyajikan
hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar