Selasa, 17 Desember 2019

SILABUS MATEMATIKA


satuan pendidika: SMP
Kelas                          : VIII 
Kompetensi Inti         :

KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarangsesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1     Menentukan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

4.1     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
Pola Bilangan
·      Pola bilangan
·      Pola konfigurasi objek
·      Mencermati konteks yang terkait pola bilangan. Misal: penataan nomor alamat rumah, penataan nomor ruangan, penataan nomor kursi, dan lain-lain.
·      Mencermati konfigurasi objek yang berkaitan dengan pola bilangan. Misal: konfigurasi lingkaran atau batang korek api berbentuk pola segitiga atau segi empat.
·      Mencermati keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
·      Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan
·      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
3.2     Menjelaskan kedudukan titik
dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.2     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
Bidang Kartesius
·      Bidang Kartesius
·      Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius
·      Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius
·      Mencermati letak suatu tempat atau benda
pada denah. Misal: denah sekolah, denah rumah sakit, denah kota
·      Mengumpulkan informasi tentang kedudukan titik terhadap titik asal (0, 0) dan selain titik asal pada bidang koordinat Kartesius
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·      Menyelesaikan masalah tentang bidang koordinat Kartesius
3.3     Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)

4.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi denganmenggunakan berbagairepresentasi
Relasi dan Fungsi
·     Relasi
·     Fungsi atau pemetaan
·     Ciri-ciri relasi dan fungsi
·     Rumus fungsi
·     Grafik fungsi
·      Mencermati peragaan atau kegiatas sehari- hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.
·      Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan
·      Mencermati macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya
·      Mengumpulkan informasi tentang nilai fungsi dan grafik fungsi pada koordinat Kartesius
·      Menyajikan hasil pembelajaran relasi dan fungsi
3.4     Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.4     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
Persamaan Garis Lurus
·     Kemiringan
·     Persamaan garis lurus
·     Titik potong garis
·     Kedudukan dua garis
·      Mencermati permasalahan di sekitar yang berkaitan dengan kemiringan, persamaan garis lurus, dan kedudukan garis
·      Mencermati cara menentukan kemiringan garis
·      Mencermati cara menentukan persamaan garis yang diketahui satu titik dan kemiringan, atau dua titik
·      Mencermati hubungan antar garis yang saling berpotongan dan sejajar serta cara menentukan persamaannya
·      Mencermati cara menentukan titik potong garis dengan garis, termasuk terhadap sumbu x, atau sumbu y dalam koordinat Kartesius
·      Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus




·      Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus
3.5     Menjelaskan sistem persamaan
linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
Persamaan Linear Dua
Variabel
·          Penyelesaian persamaan linear dua variabel
·          Model dan sistem persamaan linear dua variabel
·      Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
·      Mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan  hubungan antara persamaan linear dua variabel dan persamaan garis lurus
·      Mencermati cara membuat model matematika dari permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikannya
·      Mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri sistem persamaan linear dua variabel yang memiliki satu penyelesaian, banyak penyelesaian, atau tidak memiliki penyelesaian
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan persamaan linear dua variabel, dan sistem persamaan persamaan linear dua variabel
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel
3.6     Memeriksa kebenaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
Teorema Pythagoras
·          Hubungan antar panjang sisi pada segitiga siku-siku
·          Pemecahan masalah yang melibatkan teorema Pythagoras
·      Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan teorema Pythagoras. Misal: bentuk rangka atap, tangga, tali penguat tiang menara.
·      Melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
·      Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penerapan terorema Pythagoras tripel Pythagoras
3.7           Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas daerah lingkaran yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

3.8           Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

3.9           Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya

4.7           Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keliling lingkaran dan luas daerah lingkaran

4.8           Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat,
Lingkaran
·           Lingkaran
·           Unsur-unsur lingkaran
·           Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling
·           Panjang busur
·           Luas juring
·           Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
·           Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
·      Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran
·      Mencermati masalah atau bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung persekutuan (dalam dan luar) antara dua lingkaran
·      Mencermati cara melukis garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan antara dua lingkaran menggunakan jangka dan penggaris
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran dan garis singgung lingkaran
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung lingkaran


sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

4.9     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalamdua lingkaran


3.10       Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

3.11       Menjelaskan hubungan antara diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang sisi datar

4.10       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya

4.11       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datarmenggunakan hubungan diagonal ruang, diagonal bidang,
dan bidang diagonal
Bangun Ruang Sisi Datar
·      Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Jaring-jaring:
Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Volume: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Menaksir volume bangun ruang tak beraturan
·      Mencermati model atau benda di sekitar yang merepresentasikan bangun ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan jari- jari bangun ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
3.12     Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

4.12     Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
Statistika:
·     Rata-rata, median, dan modus
·     Mengambil keputusan berdasarkan analisis data
·     Membuat prediksi berdasarkan analisis data
·      Mencermati penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
·      Mencermati cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data
·      Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data
·      Mencermati cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
3.13     Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

4.13     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
Peluang
·      Titik sampel
·      Ruang sampel
·      Kejadian
·      Peluang empirik
·      Peluang teoretik
·      Hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·      Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik
·      Mencermati ruang sampel dari peluang teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel
·      Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·      Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar