SILABUS MATEMATIKA
Satuan pendidikan : SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca menghitung, menggambar, dan mengarangsesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Alokasi
waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran
untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan
pada bilangan bulat (positif dan
negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat bulat positif
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa
bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat
besar sebagai bilangan berpangkat
bulat positif
|
Bilangan Bulat dan Pecahan
·
Membandingkanbilangan
bulat dan pecahan
·
Mengurutkan
bilangan bulat dan pecahan
·
Operasi
dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
·
Mengubah
bentuk bilangan pecahan
·
Menyatakan
bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif
·
Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
·
Faktor
persekutuan terbesar (FPB)
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu
dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan
·
Mencermati
urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue,
potongan buah, potongan gambar,
potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
·
Mengumpulkan
informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun)
·
Mengumpulkan
informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
·
Mengumpulkan
informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
·
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang
perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan
pembagi bilangan pecahan, dan
bilangan
|
rasional
|
||
3.4 Menjelaskan dan menyatakan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, komplemen himpunan, menggunakan masalah kontekstual
3.5 Menjelaskan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi biner pada
himpunan
|
Himpunan
· Menyatakan himpunan
·
Himpunan
bagian, kosong, semesta
·
Hubungan
antar himpunan
·
Operasi
pada himpunan
· Komplemen himpunan
|
·
Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di Indonesia.
·
Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan
·
Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada himpunan
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi
himpunan
·
Memecahkan
masalah yang terkait dengan
himpunan dan sifat-sifatnya
|
3.6 Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan
dengan operasi pada bentuk aljabar
|
Bentuk Aljabar
·
Menjelaskan
koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
·
Operasi
hitung bentuk aljabar
·
Penyederhanaanbentuk
aljabar
|
·
Mencermati
masalah sehari- hari yang
berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar
·
Mencermati
bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan
bentuk aljabar
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar,
dan penyederhanaan bentuk aljabar
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar,
serta penyederhanaan bentuk aljabar
|
3.8 Menjelaskan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel danpenyelesaiannya
4.8 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
satu Variabel
· Pernyataan
· Kalimat terbuka
·
Penyelesaian
persamaan linear satu
variabel dan pertidaksamaan linear satu variable
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda
dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh
·
Mengumpulkan
informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel melalui manipulasi
aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel,
bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan
·
Memecahkan
masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
|
3.9 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.10 Menganalisis perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
Perbandingan
·
Membandingan
dua besaran
·
Perbandingan senilai
· Perbandingan berbalik
|
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep,
campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat
|
dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
nilai
|
·
Mengumpulkan
informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik
nilai
·
Mengumpulkan
informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
·
Menyajikan
hasil pembelajaran
perbandingan senilai dan berbalik nilai
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan
dengan perbandingan senilai den berbalik nilai
|
3.11 Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
4.11 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
·
Harga
penjualan dan pembelian
·
Keuntungan,
kerugian, dan impas
·
Persentase
untung dan rugi
·
Diskon
· Pajak
· Bruto, tara, dan netto
· Bunga tunggal
|
·
Mencermati
kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
·
Mencermati
cara menentukan diskon dan pajak dari
suatu barang
·
Mengamati
konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto,
dan tara
·
Mengumpulkan
informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial
|
3.12
Menjelaskan
sudut, jenis sudut,
hubungan antar sudut, cara melukis sudut,
membagi sudut, dan membagi garis
3.13 Menganalisis hubungan antar sudut
sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sudut dan garis
4.13 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
Garis dan Sudut
·
Garis
·
Kedudukan garis
·
Membagi garis
·
Perbandingan
ruas garis
·
Pengertian sudut
·
Jenis-jenis sudut
·
Hubungan
antar sudut
·
Melukis
dan sudut
|
·
Mencermati
model gambar atau objek yang
menyatakan titik,
garis, bidang, atau sudut
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penerapan
·
Mencermati
kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
·
Mencermati
sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang
dipotong oleh garis transversal
·
Mencermati
cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut
|
3.14
Manganalisis berbagai
bangun datar segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium,
dan layang- layang) dan segitiga berdasarkan
sisi, sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut
|
Bangun Datar (Segiempat dan segitiga)
·
Pengertian
segi empat dan segitiga
·
Jenis-jenis
dan sifat-sifat bangun datar
·
Keliling
dan luas segi empat dan segitiga
·
Menaksir
luas bangun
|
·
Mencermati
benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segiempat
·
Mengumpulkan
informasi tentang unsur- unsur pada segiempat dan segitiga
·
Mengumpulkan
informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar
sudut dan sisi-sisi
|
3.15 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan
layang-layang) dan segitiga
4.14
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.15 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
datar
yang tak beraturan
|
·
Mengumpulkan
informasi tentang rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga
melalui pengamatan atau eksperimen
·
Mengumpulkan
informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan segiempat
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan segiempat dan segitiga
|
3.16 Menganalisis hubungan antara data
dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
4.16 Menyajikan dan menafsirkan data
dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
|
Penyajian Data:
·
Jenis data
·
Tabel
·
Diagram garis
·
Diagram batang
·
Diagram lingkaran
|
·
Mencermati
penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal:
koran, majalah, dan televisi
·
Mencermati
cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram
batang, dan diagram lingkaran
·
Mengumpulkan
informasi tentang jenis data yang sesuai untuk
disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram lingkaran
·
Mengumpulkan
informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam
bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar