RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
…………………
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Metematika
Materi
Pokok : Relasi
dan Fungsi
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit (6 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli, santun,ramah lingkungan,gotong royong,kerjasama,cinta
damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permaslahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan I
a. Pendekatan : Pendekatan Saintifik
Model : Inkuiri Learning
b. Media dan Alat Bantu
1. Whiteboard
2. LKS
3. Marker / Kapur
4. Laptop, Proyektor, dan
Media Presentasi
c.
Sumber
Belajar
1. Tim Penyusun. 2013. Matematika. Jakarta: Kemendikbud.
2. Sumber buku lain,
Internet, dll.
C.
SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
I. ( 2 × 45 menit = 90 menit)
Langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
Belajar
(Aktivitas
Guru)
|
Kompetensi
yang dikembangkan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
10 Menit
|
|
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengarahkan siswa untuk memimpin doa
Ø Guru
mengecek kehadiran siswa
Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami konsep Relasi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang relasi yang telah dipelajari di SMP
Ø Mendorong
rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai
bagaimana menemukan konsep Relasi
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Ø Dapat menjawab
salam, dan dapat berdoa bersama-sama
Ø Sikap
peduli dan perhatian pada guru, serta proses pembelajaran dan materi
pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø Mendorong
rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari
|
|
Kegiatan inti
|
|
|
65 Menit
|
FASE I:
(KONSEP RELASI)
MENGAMATI :
MENANYA:
MENGUMPULKAN INFORMASI:
MENGASOSIASIKAN
FASE II:
(PENYAJIAN RELASI)
MENGAMATI :
MENANYA:
MENGUMPULKAN INFORMASI:
MENGASISOASIKAN
FASE
III:
(MENERAPKAN
RELASI UNTUK PEMECAHAN MASALAH)
MENGAMATI :
MENGUMPULKAN INFORMASI:
MENGASISOASIKAN
MENGKOMUNIKASIKAN
|
Ø Guru
membentuk kelompok diskusi untuk melaksanakan kegiatan di kelas
Ø Kelompok
siswa mengamati Gambar 5.1 (grup band favorit sejumlah anak).
Ø Guru
bisa menambahkan bahan untuk diamati: misal, mengamati himpunan anak dan
himpunan ibu dan sebaliknya himpunan ibu dan himpunan anak (dapat ditampilkan
hubungan ‘anak dari’ dan ‘ibu dari’).
Ø Kelompok
siswa mengamati Gambar 5.2 (kelompok siswa dan merk HP)
Ø Kelompok
siswa diminta mengamati fakta-fakta hubungan Antara himpunan pertama ke
himpunan kedua untuk mengantarkan siswa menemukan konsep relasi.
Pertanyaan yang diharapkan muncul dari para siswa:
Ø Menanyakan
grup band favorit dari kelompok siswa.
Ø Menanyakan
ibu dari kelompok anak.
Ø Menanyakan
fakta: apakah setiap anggota himpunan kelompok siswa hanya terhubung dengan 1
anggota himpunan grup band.
Ø Menanyakan
fakta pada gambar 5.2
Ø Menanyakan
fakta terkait hubungan anggota domain dan kodomainnya terkait sifat-sifat
relasi.
Ø Mengumpulkan
data-data hubungan himpunan siswa dan himpunan grup band pada gambar 5.1
Ø Mengumpulkan
data-data hubungan anak dan ibu.
Ø Mengumpulkan
data-data terkait dengan gambar 5.2.
Ø Mengolah
data-data siswa dalam himpunan siswa dengan grand band favoritnya dengan
kata-kata sehari-hari.
Ø Mengolah
data-data hubungan anak dan ibu.
Ø Membandingkan
hasil dari gambar 5.1 dan 5.2 untuk mendapatkan konsep relasi.
Ø Guru
mengarahkan siswa untuk menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan/
dikelompokkan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai konsep Relasi.
Ø Kelompok
siswa diminta lagi untuk mengamati:
- Gambar
5.1 (grup band favorit sejumlah anak).
- Guru
bisa menambahkan bahan untuk diamati: misal, mengamati himpunan anak dan
himpunan ibu dan sebaliknya himpunan ibu dan himpunan anak (dapat ditampilkan
hubungan ‘anak dari’ dan ‘ibu dari’).
- Guru
menampilkan berbagai macam bentuk penyajian relasi yang diambilkan dari
berbagai sumber
Pertanyaan yang diharapkan muncul dari para siswa:
Ø Dapatkah
bentuk relasi yang sudah ditemukan, disajikan dalam berbagai bentuk penyajian
seperti yang ditampilkan guru.
Ø Mengumpulkan
data berbagai bentuk penyajian relasi
Ø Kelompok
siswa mengolah/ menampilkan data siswa dan grup band favoritnya, data
hubungan anak dan ibu dan sebaliknya dalam bentuk himpunan pasangan berurut, dan/atau
dalam bentuk diagram kartesius
Ø Permasalahan
terkait relasi yang diberikan oleh guru
Ø Mengumpulkan
informasi dari permasalahan yang diberikan oleh guru
Ø Kelompok
siswa mengolah informasi yang telah dikumpulkan untuk menjawab permasalahan
yang diberikan
Ø Kelompok
menyajikan/mempresntasikan hasil pekerjaannya.
|
Ø Melatih
kesungguhan, dalam mencari informasi tentang konsep Relasi dan mencari pemecahaan masalah terkait Relasi.
Ø Mengembangkan
kreativitas dan rasa ingin tahu tentang konsep
Relasi
Ø Mengembangkan
sikap motivasi diri, percaya diri
Ø Mengembangkan
kemampuan berpikir dalam membuat kesimpulan
Ø Mengembangkan
kemampuan berbahasa yang baik dan benar dan Menghargai pendapat orang
lain
|
|
Penutup
|
|
|
15 Menit
|
|
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang baru
saja dipelajari
Ø Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya
Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik di rumah.
|
Ø Mengembangkan
rasa percaya diri
Ø Menumbuhkan
rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah diberikan, sehingga
kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.
|
|
Total
Waktu
|
90 Menit
|
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X / 1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan : KD 2.1
– 2.3
Rubrik
penilaian sikap:
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Sangat Baik (SB)
|
4
|
Selalu sesuai pernyataan dalam bersikap kepada guru dan teman
|
Baik (B)
|
3
|
Sering sesuai pernyataan dalam bersikap kepada guru dan teman
|
Cukup (C)
|
2
|
Kadang-kadang santun dalam bersikap kepada guru dan teman
|
Kurang (K)
|
1
|
Tidak pernah santun dalam bersikap kepada guru dan teman
|
Petunjuk penilaian diri:
Bacalah baik-baik setiap
pernyataan dan berilah tanda Ö pada kolom yang sesuai dengan
keadaan dirimu yang sebenarnya!
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Terlibat aktif dalam
pembelajaran Relasi dan Fungsi
|
|
|
2
|
Saya menyelesaikan tugas
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
|
|
|
3
|
Bekerja sama dalam kegiatan
kelompok
|
|
|
4
|
Selalu berusaha mencari
solusi dari soal-soal yang diberikan oleh guru
|
|
|
5
|
Saya dapat menyampaikan
pendapat dengan percaya diri
|
|
|
6
|
Saya dapat menerima pendapat
yang berbeda dari pendapat saya
|
|
|
JUMLAH (J)
|
|
||
SKOR =
|
J * 10 =
|
|
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
No
|
Nama
|
Rekapitulasi Penilaian Diri
|
Jumlah skor
|
Nilai sikap
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai × jumlah kriteria.
Dari contoh di atas skor maksimal = (10 × 10) × 5 = 500
2. Nilai
sikap = (jumlah skor perolehan : skor maksimal) × 100
3. Nilai
sikap dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut:
SB = Sangat Baik =
80 – 100 C = Cukup =
60 - 69
B = Baik =
70 – 79 K = Kurang ≤
60
LEMBAR PENGAMATAN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X / 1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator
terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi.
1.
Kurang terampil jika sama
sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
yang relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi .
2.
Terampil jika menunjukkan sudah
ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan Relasi
dan Fungsi .
3.
Sangat terampil jika
menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi .
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan
masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT
: Kurang terampil T
: Terampil ST
: Sangat terampil
|
|||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar