Rabu, 18 Desember 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            : SMP …………………………
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester      : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran     : 2016/2017
Alokasi Waktu                     : 25 JP (10 Pertemuan)

A.    Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4 Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan bagian,himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan menggunakan masalah kontekstual
3.5 Menjelaskan dan melakukan operasi biner, pada himpunan menggunakan masalah konstekstual
3.4.1     Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;
3.4.2     Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;
3.4.3     Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya
3.4.4     Menyajikan himpunan dengan menuliskan sifat yang dimilikinya
3.4.5     Menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
3.4.6     Menyatakan himpunan kosong
3.4.7     Menyatakan himpunan semesta dari suatu himpunan
3.4.8     Menggambar diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.9     Membaca diagram Venn dari suatu himpunan
3.4.10  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram Venn
3.4.11  Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan
3.5.1      Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan
3.5.2      Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan
3.5.3      Menyatakan kesamaan dari suatu himpunan
3.5.4      Menyatakan irisan dari dua  himpunan
3.5.5      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan irisan dua himpunan
3.5.6      Menyatakan gabungan dari dua himpunan
3.5.7      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan gabungan dari dua himpunan
3.5.8      Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
3.5.9      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
3.5.10   Menyatakan selisih dari dua himpunan
4.4 Menyelesaikan masalah konstekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan operasi pada himpunan untuk menyajikan masalah kontekstual
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
4.4.1     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan  selisih dari dua himpunan
4.4.2     Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan
4.5.1      Penggunaan himpunan dalam masalah kontekstual
4.5.2      Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik dapat :
·         menjelaskan contoh dan bukan contoh himpunan
·         menjelaskan pengertian himpunan serta lambang himpunan
·         menentukan anggota dan bukan anggota himpunan
·         Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
·         Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
·         Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat operasi himpunan
·         Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi himpunan

D.    Metode Pembelajaran
·       Pendekatan               :   Scientific Learning
·       Model Pembelajaran   :        Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) / Projek

E.     Materi Pembelajaran
1.    Materi pembelajaran regular
·         Konsep Himpunan
·         Penyajian Himpunan
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
·         Diagram Venn
·         Sifat-sifat Himpunan
·         Kardinalitas Himpunan
·         Himpunan Bagian
·         Himpunan Kuasa
·         Kesamaan dua Himpunan
·         Operasi Himpunan
·         Irisan (Intersection)
·         Gabungan (Union)
·         Komplemen (Complement)
·         Selisih (Difference)
·         Sifat-sifat Operasi Himpunan
2.    Materi pembelajaran pengayaan
·         Sifat Idempoten
·         Sifat Identitas
·         Sifat Komutatif
·         Sifat Asosiatif
·         Sifat Distributif
3.    Materi pembelajaran remedial
·         Operasi Himpunan
·         Diagram Venn
·         Penyajian Himpunan
F.      Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Pengertian Himpunan
Ø  Penyajian Himpunan
·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Pengertian Himpunan
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang himpunan
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Pengertian Himpunan
·         Penyajian Himpunan
·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Pengertian Himpunan
·         Penyajian Himpunan
·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Pengertian Himpunan
·         Penyajian Himpunan
·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, 
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø    Penyajian Himpunan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
dimana
Ø  Apakah Himpunan yang disajikan “cara 1” bisa disajikan dengan “cara 2” secara “tunggal”?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
coba ubahlah sajian himpunan berikut dalam bentuk sajian yang lainnya.
Himpunan A = {bilangan cacah kurang dari 5}, jika disajikan dengan
menyebutkan anggotanya maka A = {0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan
dengan notasi pembentuk himpunan maka  A = {x|x < ..., dan x Bilangan
... ... ... ...}  
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,  
Ø  Penyajian Himpunan
Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya
Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati permasalahan konteksual terkait operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati beberapa conoth permasalahan kontekstual operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan penyelesaiannya.
Empat orang siswa (Batara, Simon, Sudraja, dan Marsius)  memiliki kesempatan sama untuk memenangkan suatu hadiah undian. Agar salah satu dari keempat siswa dipilih secara adil menjadi pemenang, maka panitia memberikan satu dari empat pertanyaan tentang himpunan yang tersedia dalam kotak undian.
Keempat pertanyaan pada kotak undian itu adalah sebagai berikut
1.  Menentukan himpunan bilangan cacah yang kurang dari 0;
2.  Menentukan himpunan bilangan bulat yang lebih besar dari 0 dan kurang dari 1;
3.  Menentukan himpunan bilangan ganjil yang habis dibagi 2;
4.  Menentukan himpunan bilangan prima yang merupakan bilangan genap.
Pemenangnya adalah siswa yang dapat menemukan paling sedikit satu anggota himpunannya.
Setelah pengundian, Batara mendapatkan pertanyaan nomor 2, Simon mendapat pertanyaan nomor 3, Sudraja mendapat pertanyaan nomor 1, dan Marsius mendapat pertanyaan nomor 4. Siapakah siswa yang kemungkinan menjadi pemenang? Berikan alasanmu
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  berapa banyak anggota himpunan Semesta?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta  
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø   
v  Mendiskusikan
Ø   
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Kondisi saling bergantung ruang dan interaksi antarruang
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
100
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar