RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP …………………………
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
Alokasi
Waktu : 25 JP (10
Pertemuan)
A. Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
|
3
3.1
3.2
3.3
3.4
Menjelaskan dan menyatakan himpunan, himpunan
bagian,himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan menggunakan
masalah kontekstual
3.5 Menjelaskan dan
melakukan operasi biner, pada himpunan menggunakan masalah konstekstual
|
3.4.1
Menyatakan masalah sehari-hari
dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;
3.4.2
Menyebutkan anggota dan bukan
anggota himpunan;
3.4.3
Menyajikan himpunan dengan
menyebutkan anggotanya
3.4.4
Menyajikan himpunan dengan
menuliskan sifat yang dimilikinya
3.4.5
Menyajikan himpunan dengan notasi
pembentuk himpunan
3.4.6
Menyatakan himpunan kosong
3.4.7
Menyatakan himpunan semesta dari
suatu himpunan
3.4.8
Menggambar diagram Venn dari suatu
himpunan
3.4.9
Membaca diagram Venn dari suatu
himpunan
3.4.10
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan diagram Venn
3.4.11
Menyatakan kardinalitas dari suatu
himpunan
3.5.1
Menyebutkan himpunan bagian dari
suatu himpunan
3.5.2
Menyatakan himpunan kuasa dari
suatu himpunan
3.5.3
Menyatakan kesamaan dari suatu
himpunan
3.5.4
Menyatakan irisan dari dua himpunan
3.5.5
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan irisan dua himpunan
3.5.6
Menyatakan gabungan dari dua
himpunan
3.5.7
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan gabungan dari dua himpunan
3.5.8
Menyatakan komplemen dari suatu himpunan
3.5.9
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan
3.5.10 Menyatakan
selisih dari dua himpunan
|
4
4.1
4.2
4.3
4.4
Menyelesaikan masalah konstekstual yang berkaitan dengan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan
operasi pada himpunan untuk menyajikan masalah kontekstual
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan operasi biner pada himpunan
|
4.4.1
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan selisih dari dua
himpunan
4.4.2
Menyatakan sifat-sifat dari operasi
himpunan
4.5.1
Penggunaan himpunan dalam masalah
kontekstual
4.5.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi himpunan
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran
peserta didik dapat :
·
menjelaskan contoh dan bukan contoh himpunan
·
menjelaskan pengertian himpunan serta lambang himpunan
·
menentukan anggota dan bukan anggota himpunan
·
Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
·
Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat
menyebutkan anggotanya.
·
Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat operasi himpunan
·
Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi himpunan
D.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific Learning
·
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis
Masalah) / Projek
E.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
·
Konsep Himpunan
·
Penyajian Himpunan
·
Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
·
Diagram Venn
·
Sifat-sifat Himpunan
·
Kardinalitas Himpunan
·
Himpunan Bagian
·
Himpunan Kuasa
·
Kesamaan dua Himpunan
·
Operasi Himpunan
·
Irisan (Intersection)
·
Gabungan (Union)
·
Komplemen (Complement)
·
Selisih (Difference)
·
Sifat-sifat Operasi Himpunan
2.
Materi pembelajaran pengayaan
·
Sifat Idempoten
·
Sifat Identitas
·
Sifat Komutatif
·
Sifat Asosiatif
·
Sifat Distributif
3. Materi pembelajaran remedial
·
Operasi Himpunan
·
Diagram Venn
·
Penyajian Himpunan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Pengertian Himpunan
Ø Penyajian Himpunan
·
Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·
Dinyatakan dengan menuliskan sifat
yang dimiliki anggotanya
·
Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø Pengertian Himpunan
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø
Dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati
penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang
terdapat pada buku siswa tentang himpunan
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati gambar /foto yang yang terdapat pada buku
maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru.
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
·
Pengertian
Himpunan
·
Penyajian
Himpunan
·
Dinyatakan
dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·
Dinyatakan
dengan menuliskan sifat yang
dimiliki anggotanya
·
Dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
·
Pengertian
Himpunan
·
Penyajian
Himpunan
·
Dinyatakan
dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·
Dinyatakan
dengan menuliskan sifat yang
dimiliki anggotanya
·
Dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
·
Pengertian
Himpunan
·
Penyajian
Himpunan
·
Dinyatakan
dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)
·
Dinyatakan
dengan menuliskan sifat yang
dimiliki anggotanya
·
Dinyatakan
dengan notasi pembentuk himpunan
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar,
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Penyajian Himpunan
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang
hayat. Misalnya :
dimana
Ø
Apakah Himpunan yang disajikan
“cara 1” bisa disajikan dengan “cara 2” secara “tunggal”?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang
diperoleh dari berbagai sumber tentang
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai
buku siswa seperti berikut ini:
coba ubahlah
sajian himpunan berikut dalam bentuk sajian yang lainnya.
Himpunan A =
{bilangan cacah kurang dari 5}, jika disajikan dengan
menyebutkan
anggotanya maka A = {0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan
dengan notasi
pembentuk himpunan maka A = {x|x
< ..., dan x ∈
Bilangan
... ... ...
...}
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang
:
v Penyajian Himpunan
v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
v Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal
mengenai
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Penyajian Himpunan
Ø Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
(enumerasi)
Ø Dinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
Ø Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Penyajian Himpunan
Ø
Dinyatakan dengan menyebutkan
anggotanya (enumerasi)
Ø
Dinyatakan dengan
menuliskan sifat yang dimiliki
anggotanya
Ø
Dinyatakan dengan notasi
pembentuk himpunan
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø Himpunan Kosong dan
Himpunan Semesta
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan
gambar/foto tentang
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati
permasalahan konteksual terkait operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat
v Mengamati
Ø Peserta didik diminta mengamati beberapa conoth
permasalahan kontekstual operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
dan penyelesaiannya.
Empat orang siswa (Batara, Simon, Sudraja, dan
Marsius) memiliki kesempatan sama
untuk memenangkan suatu hadiah undian. Agar salah satu dari keempat siswa
dipilih secara adil menjadi pemenang, maka panitia memberikan satu dari
empat pertanyaan tentang himpunan yang tersedia dalam kotak undian.
Keempat pertanyaan pada kotak undian itu adalah
sebagai berikut
1.
Menentukan himpunan bilangan cacah yang kurang dari 0;
2.
Menentukan himpunan bilangan bulat yang lebih besar dari 0 dan
kurang dari 1;
3.
Menentukan himpunan bilangan ganjil yang habis dibagi 2;
4.
Menentukan himpunan bilangan prima yang merupakan bilangan genap.
Pemenangnya adalah siswa yang dapat menemukan
paling sedikit satu anggota himpunannya.
Setelah pengundian, Batara mendapatkan
pertanyaan nomor 2, Simon mendapat pertanyaan nomor 3, Sudraja mendapat
pertanyaan nomor 1, dan Marsius mendapat pertanyaan nomor 4. Siapakah siswa
yang kemungkinan menjadi pemenang? Berikan alasanmu
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik diminta membaca materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
·
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
v Mendengar
Ø Peserta didik diminta mendengarkan pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
·
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
v Menyimak,
Ø Peserta didik diminta menyimak penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
·
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø berapa banyak anggota himpunan Semesta?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data yang
diperoleh dari berbagai sumber tentang
·
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
Ø Peserta didik diminta mengeksplor
pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·
Himpunan
Kosong dan Himpunan Semesta
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas :
Ø
v Mendiskusikan
Ø
v Mengulang
v Saling tukar
informasi tentang
:
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data :
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal
mengenai
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Kondisi saling bergantung ruang dan interaksi
antarruang
antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
Ø Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
100
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajari
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar