SILABUS MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII (Tujuh)
Kompetensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan
kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1
Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
|
Bilangan Bulat dan Pecahan:
· Membandingkan bilangan
bulat dan pecahan
· Mengurutkan bilangan
bulat dan pecahan
· Operasi dan sifatsifat
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
· Mengubah bentuk bilangan
pecahan
· Menyatakan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat bulat positif
· Kelipatan persekutuan
terkecil (KPK)
· Faktor persekutuan
terbesar (FPB)
|
-
Mencermati
permasalahan seharihari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat,
Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran
suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung,
pohon atau daratan
-
Mencermati
urutan bilangan, sifatsifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan
persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
-
Mencermati
permasalahan seharihari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal:
pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar
kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
-
Mengumpulkan
informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan
pembagian bersusun)
-
Mengumpulkan
informasitentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
-
Mengumpulkan
informasi tentang sifatsifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
-
Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian
bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
-
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan
dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi
bilangan pecahan, dan bilangan rasional
|
4.1
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
|
||
3.2
Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
||
4.2
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
||
3.3
Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
||
4.3
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
dan negatif
|
||
3.4
Menjelaskan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
|
Himpunan
· Menyatakan himpunan
· Himpunan bagian, kosong,
semesta
· Hubungan antar himpunan
· Operasi pada himpunan
· Komplemen himpunan
|
-
Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan seharihari. Misal: kumpulan hewan,
tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, sukusuku yang ada di
Indonesia.
-
Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih,
dan sifat-sifat operasi himpunan
-
Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan
sifat distributif pada himpunan
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifatsifat operasi himpunan
-
Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifatsifatnya
|
4.4
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan
|
||
3.5
Menjelaskan bentuk
aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
Bentuk Aljabar
· Menjelaskan koefesien,
variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
· Operasi hitung bentuk
aljabar
· Penyederhanaan bentuk
aljabar
|
-
Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar
-
Mencermati
bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar
-
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta
penyederhanaan bentuk aljabar
|
4.5
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
||
3.6
Menjelaskan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
|
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variable
· Pernyataan
· Kalimat terbuka
· Penyelesaian persamaan
linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable
|
-
Mencermati
permasalahan seharihari yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak
tempuh
-
Mengumpulkan
informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara
persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan
-
Memecahkan
masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
|
4.6
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
||
3.7
Menjelaskan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
Perbandingan
· Membandingan dua besaran
· Perbandingan senilai
· Perbandingan berbalik
nilai
|
-
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau
perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat
-
Mengumpulkan informasi tentang model
matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu
besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan
berbalik nilai
-
Mengumpulkan
informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan
konsep perbandingan
-
Menyajikan
hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai
-
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai den berbalik nilai
|
4.7
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
||
3.8
Membedakan perbandingan
senilai dan berbalik nilai dengan
menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
|
||
4.8
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
||
3.9
Mengenal dan menganalisis
berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
· Harga penjualan dan pembelian
· Keuntungan, kerugian, dan
impas
· Persentase untung dan
rugi
· Diskon
· Pajak
· Bruto, tara, dan netto
· Bunga tunggal
|
-
Mencermati
kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi
untung, rugi, dan impas
-
Mencermati
cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang
-
Mengamati
konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto, dan tara
-
Mengumpulkan
informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial
-
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial
|
4.9
Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
||
3.10
Menganalisis hubungan
antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
Garis dan Sudut
· Garis
· Kedudukan garis
· Membagi garis
· Perbandingan ruas garis
· Pengertian sudut
· Jenis-jenis sudut
· Hubungan antar sudut
· Melukis dan sudut
|
-
Mencermati
model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
-
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep garis dan
sudut
-
Mencermati
kedudukan dua garis, jenis-jenis
sudut, hubungan antar sudut
-
Mencermati
sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis
transversal
-
Mencermati
cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
-
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut
|
4.10
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
||
3.11
Mengaitkan rumus
keliling dan luas untuk berbagai jenis
segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium,
dan layang-layang) dan segitiga
|
Segiempat dan segitiga
· Pengertian segi empat dan
segitiga
· Jenis-jenis dan
sifat-sifat bangun datar
· Keliling dan luas segi
empat dan segitiga
· Menaksir luas bangun
datar yang tak beraturan
|
-
Mencermati
benda di lingkungan sekitar berkaitan
dengan bentuk segitiga dan segiempat
-
Mengumpulkan
informasi tentang unsur-unsur pada segiempat dan segitiga
-
Mengumpulkan
informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat
berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
-
Mengumpulkan
informasi tentang rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga melalui
pengamatan atau eksperimen
-
Mengumpulkan
informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan
pendekatan luas segitiga dan segiempat
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga
-
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan segiempat dan segitiga
|
4.11
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga
|
||
3.12
Menganalisis hubungan
antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
|
Penyajian Data:
· Jenis data
· Tabel
· Diagram garis
· Diagram batang
· Diagram lingkaran
|
-
Mencermati penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan
dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran,
majalah, dan televisi
-
Mencermati
cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
-
Mengumpulkan
informasi tentang jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk
tabel, diagram garis, diagram batang,
dan diagram lingkaran
-
Mengumpulkan
informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
-
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang,
garis, dan lingkaran
-
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, garis, dan lingkaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar