RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran :
MatematikaWajib
Kelas / Semester :
XII/2
Materi :
Peluang Majemuk
Waktu : 12
x 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menjalankan perilaku tangguh mengadapi masalah, serta kritis bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur, dan disiplin dalam mengerjakan tugas
yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
2. Memahami konsep peluang kejadian
dan menerapkannya untuk
menentukan peluang kejadian majemuk dalam pemecahan masalah.
3. Menyajikan model matematika
dan menentukan peluang
suatu kejadian majemuk
dari masalah nyata.
B.
Kompetensi
Dasar
3.4 Mendeskripsikan dan
menentukan peluang
kejadianmajemuk (peluang
kejadian-kejadian saling
bebas,salinglepas, dankejadian bersyarat) dari
suatu percobaan acak
4.4
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
peluangkejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas,
dan kejadian bersyarat)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1 Peserta didik menjelaskan konsep gabungan dan
irisan dua kejadian.
3.4.2
Peserta didik menjelaskan peluang
komplemen suatu kejadian.
3.4.3 Peserta didik menjelaskan peluang majemuk suatu kejadian.
3.4.4
Peserta
didik menentukan peluang
kejadian majemuk dari
masalah nyata
4.4.1
Peserta didik mencoba menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian majemuk.
A.
Materi
Fakta :
Definisi Peluang
suatu kejadian
Konsep:
1.
Gabungan dan irisan dua kejadian
2.
Peluang komplemen suatu kejadian
3.
Peluang kejadian yang saling lepas dan saling bebas
4.
Peluang Bersyarat
Prinsip :
Peluang kejadian saling lepas,
bebas dan bersyarat
Prosedur:
Langkah –langkah pengerjaan
B.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
pendekatanilmiah (scientific approach).
2. Metode :
ceramah, diskusi, pemecahanmasalah, dantanyajawab.
C.
Media
Pembelajaran
Media
Presentasi (Power Point)
D.
Sumber Pembelajaran
1. Modul
buatan guru
2. Lembar
Kerja siswa
3. Referensi lain:
a.
Putro, Tirto.
1992. PengantarDasarMatematika.
Jakarta: Erlangga.
b.
Tempomas,
Husain, 1999. Seribu Pena matematika SMU.
Jakarta: Erlangga.
E.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·
Pesertadidikmenjawabsalamdari
guru secarabersama-sama.
·
Guru mengajak
peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin
berdoa bersama.
·
Guru
danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·
Guru memberikan motivasi,
mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·
Pesertadidikmembacamaterigabungandanirisanduakejadian.
·
Pesertadidikmencermatipenjelasantentanggabungandanirisanduakejadian yang
disampaikan guru.
·
Pesertadidikmencatatmateri
yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·
Pesertadidikmenanyakanmateritentanggabungandanirisanduakejadian yang
belumdipahaminyakepada guru.
·
Guru menanyakanmateritentanggabungandanirisanduakejadiankepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·
Secaraberkelompok, peserta
didik mencari informasi tentang gabungandanirisanduakejadian dari sumber lainnya (melalui internet).
·
Secaraberkelompok, peserta
didik mendiskusikantentangmanfaatgabungandanirisanduakejadianbagikehidupan.
Mengasosiasikan
·
Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajarigabungandanirisanduakejadiandalamkehidupan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja
kelompok.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan.
·
Guru
memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.
|
Penutup(15
menit)
·
Guru
bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentanggabungandanirisanduakejadian.
·
Guru memberikan
TEStertulis.
·
Guru
menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·
Guru
menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama
dankepercayaanmasing-masing.
|
Pertemuan Kedua
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·
Pesertadidikmenjawabsalamdari
guru secarabersama-sama.
·
Guru mengajak
peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin
berdoa bersama.
·
Guru
danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·
Guru memberikan motivasi,
mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·
Pesertadidikmembacamateripeluangkomplemensuatukejadian.
·
Pesertadidikmencermatipenjelasanpeluangkomplemensuatukejadian yang
disampaikan guru.
·
Pesertadidikmencatatmateri
yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·
Pesertadidikmenanyakanmateritentangpeluangkomplemensuatukejadian yang
belumdipahaminyakepada guru.
·
Guru
menanyakanmateritentangpeluangkomplemensuatukejadiankepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·
Secaraberkelompok, peserta
didik mencari informasi tentang peluangkomplemensuatukejadian dari sumber lainnya (melalui internet).
Mengasosiasikan
·
Pesertadidiksecaraberkelompokmenyusunlaporanhasilkerjakelompoknya.
·
Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajaripeluangkomplemensuatukejadiandalamkehidupan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja
kelompok.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan.
·
Guru
memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.
|
Penutup(15
menit)
·
Guru
bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentangpeluangkomplemensuatukejadian.
·
Guru
memberikantugasrumahkepadapesertadidiktentangpeluangkomplemensuatukejadian.
·
Pesertadidikmengerjakanujikognitifdanujikompetensi
di akhirkegiatanpembelajaran.
·
Guru
menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·
Guru
menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama
dankepercayaanmasing-masing.
|
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·
Pesertadidikmenjawabsalamdari
guru secarabersama-sama.
·
Guru mengajak
peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin
berdoa bersama.
·
Guru
danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·
Guru memberikan motivasi,
mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan
tujuan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·
Pesertadidikmembacamateripeluangduakejadian yang
salinglepasdansalingbebas.
·
Pesertadidikmencermatipenjelasanpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas
yang disampaikan guru.
·
Pesertadidikmencatatmateri
yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·
Pesertadidikmenanyakanmateritentangpeluangduakejadian yang
salinglepasdansalingbebas yang belumdipahaminyakepada guru.
·
Guru
menanyakanmateritentangpeluangduakejadian
yang salinglepasdansalingbebaskepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·
Secaraberkelompok, peserta
didik mencari informasi tentang peluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas dari sumber
lainnya (melalui internet).
Mengasosiasikan
·
Pesertadidiksecaraberkelompokmenyusunlaporanhasilkerjakelompoknya.
·
Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajaripeluangduakejadian
yang salinglepasdansalingbebasdalamkehidupan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja
kelompok.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan.
·
Guru
memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.
|
Penutup(15
menit)
·
Guru bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentangpeluangduakejadian yang
salinglepasdansalingbebas.
·
Guru
memberikantugasrumahkepadapesertadidikpeluangduakejadian
yang salinglepasdansalingbebas.
·
Pesertadidikmengerjakanujikognitifdanujikompetensi
di akhirkegiatanpembelajaran.
·
Guru
menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·
Guru
menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama
dankepercayaanmasing-masing.
|
F.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
·
Tes penugasan
·
Test tulis
pengetahuan
·
Test tulis
keterampilan
2. Instrumen Penilaian
Pertemuan 1 (terlampir)
Pertemuan 2 (terlampir)
Pertemuan 3 (terlampir)
Pertemuan 4 (terlampir)
Penilaian harian (terlampir)
3. Pembelajaran Remedial (terlampir)
4. Pembelajaran Pengayaan (terlampir)
Jakarta, 12 Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA N
72
JAKARTA Guru Matematika,
Dra.
Hj. Heni Rustini, MM Sulastri,
S.Pd
NIP. 195711171986032008 NIP.
197607122008012023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar