Kamis, 19 Desember 2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan         : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran               : MatematikaWajib
Kelas / Semester             : XII/2
Materi                             : Peluang Majemuk
                                 Waktu                            : 12 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Menjalankan perilaku tangguh mengadapi masalah, serta kritis bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur, dan disiplin dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
2.      Memahami konsep peluang kejadian dan menerapkannya untuk menentukan peluang kejadian majemuk dalam pemecahan masalah.
3.    Menyajikan model matematika dan menentukan peluang suatu kejadian majemuk dari masalah nyata.

B.     Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadianmajemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas,salinglepas, dankejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak
4.4   Menyelesaikan  masalah  yang berkaitan      dengan peluangkejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
 3.4.1 Peserta didik menjelaskan konsep gabungan dan irisan dua kejadian.
  3.4.2 Peserta didik menjelaskan  peluang komplemen suatu kejadian.
 3.4.3 Peserta didik menjelaskan peluang majemuk suatu kejadian.
  3.4.4 Peserta didik menentukan peluang kejadian majemuk dari masalah nyata
4.4.1 Peserta didik mencoba menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian majemuk.

A.    Materi
Fakta :
Definisi Peluang suatu kejadian
Konsep:
1.        Gabungan dan irisan dua kejadian
2.        Peluang komplemen suatu kejadian
3.        Peluang kejadian yang saling lepas dan saling bebas
4.        Peluang Bersyarat
Prinsip :
Peluang kejadian saling lepas, bebas dan bersyarat
Prosedur:
Langkah –langkah pengerjaan

B.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : pendekatanilmiah (scientific approach).
2.      Metode            : ceramah, diskusi, pemecahanmasalah, dantanyajawab.

C.    Media Pembelajaran
Media Presentasi (Power Point)

D.    Sumber Pembelajaran
1.      Modul buatan guru
2.      Lembar Kerja siswa
3.      Referensi lain:
a.       Putro, Tirto. 1992. PengantarDasarMatematika. Jakarta: Erlangga.
b.      Tempomas, Husain, 1999. Seribu Pena matematika SMU. Jakarta: Erlangga.

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (15 menit)
·         Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·         Pesertadidikmenjawabsalamdari guru secarabersama-sama.
·         Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·         Guru danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·         Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·         Pesertadidikmembacamaterigabungandanirisanduakejadian.
·         Pesertadidikmencermatipenjelasantentanggabungandanirisanduakejadian yang disampaikan guru.
·         Pesertadidikmencatatmateri yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·         Pesertadidikmenanyakanmateritentanggabungandanirisanduakejadian yang belumdipahaminyakepada guru.
·         Guru menanyakanmateritentanggabungandanirisanduakejadiankepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·         Secaraberkelompok, peserta didik mencari informasi tentang gabungandanirisanduakejadian dari sumber lainnya (melalui internet).
·         Secaraberkelompok, peserta didik mendiskusikantentangmanfaatgabungandanirisanduakejadianbagikehidupan.
Mengasosiasikan
·         Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajarigabungandanirisanduakejadiandalamkehidupan.
Mengomunikasikan 
·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·         Guru memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.
Penutup(15 menit)    
·         Guru bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentanggabungandanirisanduakejadian.
·         Guru memberikan TEStertulis.

·         Guru menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·         Guru menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama dankepercayaanmasing-masing.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan (15 menit)
·         Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·         Pesertadidikmenjawabsalamdari guru secarabersama-sama.
·         Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·         Guru danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·         Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·         Pesertadidikmembacamateripeluangkomplemensuatukejadian.
·         Pesertadidikmencermatipenjelasanpeluangkomplemensuatukejadian yang disampaikan guru.
·         Pesertadidikmencatatmateri yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·         Pesertadidikmenanyakanmateritentangpeluangkomplemensuatukejadian yang belumdipahaminyakepada guru.
·         Guru menanyakanmateritentangpeluangkomplemensuatukejadiankepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·         Secaraberkelompok, peserta didik mencari informasi tentang peluangkomplemensuatukejadian dari sumber lainnya (melalui internet).
Mengasosiasikan
·         Pesertadidiksecaraberkelompokmenyusunlaporanhasilkerjakelompoknya.
·         Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajaripeluangkomplemensuatukejadiandalamkehidupan.
Mengomunikasikan            
·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·         Guru memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.


Penutup(15 menit)    
·         Guru bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentangpeluangkomplemensuatukejadian.
·         Guru memberikantugasrumahkepadapesertadidiktentangpeluangkomplemensuatukejadian.
·         Pesertadidikmengerjakanujikognitifdanujikompetensi di akhirkegiatanpembelajaran.
·         Guru menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·         Guru menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama dankepercayaanmasing-masing.

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan (15 menit)
·         Guru mengucapkan salam danmenanyakankabarkepadapesertadidik.
·         Pesertadidikmenjawabsalamdari guru secarabersama-sama.
·         Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·         Guru danpesertadidikberdoasesuai agama dankepercayaannyamasing-masing.
·         Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
KegiatanInti (60 menit)
Mengamati
·         Pesertadidikmembacamateripeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas.
·         Pesertadidikmencermatipenjelasanpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas yang disampaikan guru.
·         Pesertadidikmencatatmateri yang belumdipahamidaripenjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·         Pesertadidikmenanyakanmateritentangpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas yang belumdipahaminyakepada guru.
·         Guru menanyakanmateritentangpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebaskepadapesertadidiksecaraacak.
Mengeksplorasi
·         Secaraberkelompok, peserta didik mencari informasi tentang peluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas dari sumber lainnya (melalui internet).

Mengasosiasikan
·         Pesertadidiksecaraberkelompokmenyusunlaporanhasilkerjakelompoknya.
·         Pesertadidikdapatmenemukanmanfaatmempelajaripeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebasdalamkehidupan.
Mengomunikasikan            
·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·         Guru memberikanpenegasanterhadaphasilpembelajaranpesertadidik.
Penutup(15 menit)    
·         Guru bersamapesertadidikmembuatkesimpulanbersamatentangpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas.
·         Guru memberikantugasrumahkepadapesertadidikpeluangduakejadian yang salinglepasdansalingbebas.
·         Pesertadidikmengerjakanujikognitifdanujikompetensi di akhirkegiatanpembelajaran.
·         Guru menginformasikanrencanakegiatanpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
·         Guru menutupkegiatanpembelajarandenganberdoabersamapesertadidiksesuaidengan agama dankepercayaanmasing-masing.

F.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
·         Tes penugasan
·         Test tulis pengetahuan
·         Test tulis keterampilan
2.      Instrumen Penilaian
Pertemuan 1  (terlampir)
Pertemuan 2  (terlampir)
Pertemuan 3  (terlampir)
Pertemuan 4  (terlampir)
Penilaian harian (terlampir)
3.      Pembelajaran Remedial (terlampir)
4.      Pembelajaran Pengayaan (terlampir)


                                                                                                                                                                               Jakarta, 12 Juli 2016
Mengetahui         
Kepala SMA N 72 JAKARTA                                                  Guru Matematika,



     
Dra. Hj. Heni Rustini, MM                                                     Sulastri, S.Pd
NIP. 195711171986032008                                                   NIP. 197607122008012023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar